Robot Hidrogel Dirancang oleh Insinyur MIT Adalah yang Pertama dari Jenisnya

Robot Hidrogel

Robot Hidrogel Dirancang oleh Insinyur MIT Adalah yang Pertama dari Jenisnya ! Insinyur robotika di MIT telah mencapai teknologi pertama dan membuat robot tembus pandang yang terbuat dari gel yang akan memindahkan air yang dipompa sebagai tenaga penggerak. Hebatnya, robot-robot sederhana ini dapat menendang bola, dan bahkan berusaha meraih ikan sambil berenang. Ini adalah prestasi teknis yang dilakukan untuk pertama kalinya dengan hidrogel.

Robot ini terdiri dari hidrogel yang lunak dan ulet, sebagian besar terdiri dari air. Struktur robotnya berlubang di dalam sasis gel, mekanisme hidrogel semuanya terhubung melalui pipa karet untuk air untuk dipompa. Ia bekerja dengan mengirimkan air ke dalam mekanisme sederhana, ini mendorong air untuk menyebabkan pergerakan. Gerakannya agak sederhana, tetapi bot lunak akan melengkung atau meregang tergantung pada jumlah air di dalam saluran.

Insinyur membuat beberapa versi robot gel lunak sebagai prototipe, untuk menguji struktur yang berlaku dalam desain yang mungkin. Robot gel lembut ini memiliki sirip seperti ikan, yang bergerak bolak-balik, embel-embel yang memiliki sendi untuk menendang air, dan yang terakhir berbentuk seperti tangan yang meremas atau bersantai seperti otot.

 Dengan sasis robot yang terbuat dari air, aliran air juga digunakan untuk menggerakkan gerakannya juga. Lebih baik lagi memiliki transparansi dan sifat suara yang sama dengan air, akan memberikannya keuntungan tersembunyi ketika digunakan di lingkungan berair. Teknologi ini baru lahir dan belum sepenuhnya direalisasikan, ketika itu aplikasi akan membingungkan, untuk sedikitnya.

Konsep awal robot gel yang kami hasilkan oleh Xuanhe Zhao dan mahasiswa pascasarjana Hyunwoo Yuk (MIT) , yang sama-sama bermaksud mengadaptasi dan merekayasa robot hidrogel untuk penggunaan medis. Menggunakan hidrogel yang aman untuk berinteraksi di dalam tubuh manusia, tanpa efek buruk karena komposisi hidrogel. Salah satu aplikasi alat utama untuk teknologi robot hidrogel adalah sebagai tangan, untuk memanipulasi organ dan jaringan sebagai alat tambahan untuk prosedur bedah.

Bahan hidrogel untuk robot lunak dirancang dari rekayasa beberapa bahan untuk merakit sasis hidrogel lunak robot. Memanfaatkan beberapa zat seperti polimer dan air, proses fabrikasi untuk membuatnya sulit patah , dan meregang dengan mudah tanpa masalah. Inovasi penting lainnya dalam hidrogel adalah mengembangkan lem untuk menempel pada berbagai permukaan yang dapat dimilikinya. Lemnya mampu membuat ikatan yang kuat ke permukaan tanpa mengelupas.

Setelah pengujian awal dari bahan yang tepat untuk digunakan, semuanya menunjuk ke hidrogel dengan semua karakteristik desain yang hebat menjadikannya pilihan yang tepat. Desainer lain membuat kesalahan dalam menggunakan silikon, tidak seperti hidrogel yang sepenuhnya disesuaikan dan direkayasa yang biokompatibel. Yang lain gagal karena tidak mengembangkan hidrogel yang sama, sebagian besar air dan sempurna untuk aplikasi medis sebagai yang terbaik. Kesalahan lain dalam proyek lain adalah hidrogel akan rapuh, dan retak setelah banyak digunakan.

 Keberhasilan robot hidrogel adalah bahwa struktur sederhana dapat digerakkan dan dengan struktur lunak. Mereka sederhana tetapi memanfaatkan aktuator sederhana dan air adalah kecerdikan murni. Plus, dapat digunakan untuk operasi, tanpa disintegrasi setelah banyak digunakan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *