Top 10 Peringatan Ilmu Pengetahuan Terkemuka di 2020

Top 10 Peringatan Ilmu Pengetahuan Terkemuka di 2020

Top 10 Peringatan Ilmu Pengetahuan Terkemuka di 2020

Tahun 2020 adalah tahun yang sempurna untuk peringatan ilmiah dan mengakui beberapa ilmuwan luar biasa di masa lalu atas pekerjaan dan kontribusi mereka pada pengetahuan kolektif umat manusia.

Berikut adalah 10 peringatan ilmu pengetahuan terbaik pada tahun 2020

  • 10. Roger Bacon, ulang tahun ke 800

Tanggal ketika Bacon lahir masih belum diketahui , tetapi sebuah bagian dalam tulisannya menunjukkan bahwa itu mungkin sekitar 1220. Dia adalah salah satu filsuf alam terkemuka pada zamannya. Dia belajar di Oxford dan kemudian kuliah di Universitas Paris. Dia juga menjadi seorang biarawan Fransiskan tetapi biasanya mendapat kesulitan karena melanggar aturan.

Dia menganjurkan pentingnya percobaan dalam menyelidiki alam, dan dia menekankan status optik sebagai ilmu dasar. Dia memahami perlunya menerapkan matematika ketika menjelaskan fenomena alam.

  • 9. Kondensat Bose-Einstein, peringatan 25 tahun

Albert Einstein membuat berita setelah kematiannya. Dia adalah salah satu ilmuwan paling terkenal di dunia, dari lubang hitam ke laser ke gelombang gravitasi, banyak penemuan modern besar hanya memverifikasi prediksi dari tahun – tahun sebelumnya yang berakar pada imajinasinya.

Pada tahun 1924, Bose mengirim Einstein sebuah kertas yang menggambarkan cahaya sebagai gas partikel, yang sekarang kita kenal sebagai foton. Einstein membaca sebuah makalah oleh Louis de Broglie yang menunjukkan bahwa partikel-partikel materi, seperti elektron, dapat ditafsirkan sebagai gelombang. Einstein berkolaborasi dengan Bose dan mereka akhirnya menggambarkan materi dengan matematika Bose. Butuh 70 tahun sebelum fisikawan mengatasi tantangan teknis dan membuktikan Einstein dan Bose benar.

  • 8. Debat Hebat, seratus tahun

Debat terbesar yang dicatat selama abad ke-20 terjadi pada tanggal 26 April 1920. Saat itulah para astronom Harlow Shapley dan Heber Curtis berhadapan di Museum Sejarah Alam Smithsonian di Washington, DC. Mereka berdebat tentang pemahaman tentang galaksi Bima Sakti dan pemenangnya. baru diumumkan pada tahun 1924 ketika Edwin Hubble menunjukkan bahwa Curtis benar.

  • 7. Penemuan elektromagnetisme, dua abad

Dua abad yang lalu, para ilmuwan tidak tahu banyak tentang listrik dan rasa ingin tahu menjadi lebih baik. Karena keingintahuan itu, itu mengarah pada penemuan listrik dan magnet yang menguntungkan kita semua saat ini.

  • 6. Penemuan sinar-X, peringatan 125 tahun

Sinar-X ditemukan oleh Wilhelm Rontgen pada tahun 1895. Mereka segera digunakan di bidang medis. Sinar-X berubah selama bertahun-tahun, tidak hanya dalam kedokteran tetapi juga astronomi dan bahkan biologi, karena mereka adalah alat yang mengungkapkan arsitektur molekul kehidupan.

  • 5. Rosalind Franklin, ulang tahun ke-100

Dilahirkan pada 25 Juli 1920 di London, Rosalind Franklin menunjukkan minat awal dalam sains dan dilatih sebagai ahli kimia. Dia menjadi ahli dalam batubara dan bahan berbasis karbon lainnya. Dia juga mendapatkan gelar doktor dari University of Cambridge pada tahun 1945. Dia kemudian bekerja di Paris dan mengembangkan keterampilan menggunakan kristalografi sinar-X untuk mempelajari struktur kristal. Dia juga melakukan penelitian DNA dan menghasilkan gambar sinar-X yang menakjubkan.

  • 4. John Graunt, ulang tahun ke 400

Lahir pada 24 April 1620, di London, John Graunt menjadi pedagang yang sukses dan berpengaruh setelah mengambil alih bisnis gorden ayahnya. Ketika dia berusia 40 tahun, dia menjadi tertarik dengan “Bills of Mortality” mingguan yang menyebutkan kematian di kotanya. Dia akhirnya mengumpulkan catatan kelahiran dan penyakit untuk membuat tabel yang menunjukkan tren atau pola. Dia kemudian memasukkan data ke analisis matematis, menunjukkan wawasan seperti wanita hidup lebih lama daripada pria dan tingkat kematian lebih tinggi di kota daripada di daerah pedesaan.

  • 3. Florence Nightingale, ulang tahun ke-200

Florence Nightingale lahir dari keluarga Inggris di Italia pada 12 Mei 1820. Keluarganya pindah kembali ke Inggris ketika dia masih bayi. Dia dikenal sebagai perawat paling terkenal abad ke-19 dan memanggil wanita dengan lampu. Tetapi dia juga dikenal sebagai praktisi inovatif statistik terapan. Dia mengembangkan analisis statistik untuk mendukung pandangannya tentang kesehatan dan kebersihan.

  • 2. Prediksi neutron, seratus tahun

Para ilmuwan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencoba memahami bagaimana nukleus disatukan, ini terjadi setelah Ernest Rutherford menemukan nukleus atom pada tahun 1911. Dibutuhkan konstituen dengan muatan listrik positif. Rutherford menyimpulkan bahwa partikel dasar nuklir yang membawa muatan positif identik dengan inti atom hidrogen, dan ia menamakannya proton. Atom yang lebih berat mengandung banyak proton.

  • 1. Bom Atom, peringatan 75 tahun

Bom atom yang pertama kali meledak 75 tahun lalu pada bulan Juli di Alamogordo, NM, mewakili diskontinuitas teknologi yang sebanding dengan penemuan bubuk mesiu, elektromagnetisme, atau kebakaran itu sendiri. Pengaruh utama bom atom terhadap masyarakat adalah melalui keberadaannya sebagai senjata dalam menunggu, berpotensi siap untuk memulai Armageddon.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *